Home » » Rumah Bebas Nyamuk Secara Alami

Rumah Bebas Nyamuk Secara Alami

Bagaimana agar rumah anda terbebas dari nyamuk secara alami? Seperti yang kita ketahui bahwa nyamuk merupakan serangga kecil yang paling dibenci manusia karena selain mengganggu saat tidur atau santai, juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya lewat gigitannya. Untuk itu, berikut ada beberapa tips agar rumah bebas nyamuk secara alami tanpa obat nyamuk.

Rumah Bebas Nyamuk Secara Alami


Perkembangbiakan nyamuk umumnya menggunakan sarana air. Untuk itu jangan biarkan genangan air ada di dalam dan sekitar rumah. Dengan minimnya genangan air akan mencegah pertumbuhan nyamuk. Buang atau kubur barang-barang yang tidak berguna di luar rumah agar tidak menjadi tempat air pada saat hujan. Selain itu, kuras bak mandi, pot bunga, tempat minum hewan seminggu sekali untuk memastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk.

Di area luar, nyamuk senang dan sering hinggap di semak-semak dan tanaman yang rimbun. Untuk itu, pangkas tanaman yang sangat rimbun dan potong semak-semak tanaman liar agar mengurangi nyamuk berkeliaran di sekitar rumah.

Memasang kawat kasa pada jendela atau ventilasi rumah sangat dianjurkan dan pastikan tidak ada celah yang memungkinkan nyamuk dapat masuk ke dalam rumah.

Nyamuk suka hinggap di pakaian yang tergantung di kamar atau belakang pintu? Lebih baik gantung pakaian dalam lemari atau segera cuci setelah dipakai.

Daya cium nyamuk cukup tajam sampai dengan jarak 50 meter. Untuk itu segera mandi atau membersihkan badan agar bau keringat tidak tercium oleh nyamuk. Menurut sebuah penelitian, manusia yang bergolongan darah O sangat disukai nyamuk dan golongan darah A adalah yang paling dibenci nyamuk.

Meskipun banyak obat anti nyamuk yang dijual bebas di pasaran, namun hati-hatilah menggunakannya. Ikuti petunjuk dengan teliti seperti yang ada pada kemasan HIT obat nyamuk. Anda bisa juga menggunakan anti nyamuk alami seperti bunga Lavender, rosemary, geranium, atau serai merupakan tanaman yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Atau juga mengoleskan ekstrak minyak serai, minyak cedar, minyak kayu manis, dan minyak pepermint pada anggota tubuh.